oleh

Usut Kebakaran Bola Soba, Kapolres Bone Pantau Langsung Olah TKP

-HUKRIM-1,703 views

Fokusrakyat.com, BONE – Sabtu dini hari 20 Maret 2021, menjadi duka bagi masyarakat Bone atas kebakaran ikon budaya Bone  yang dikenal selama ini Bola Soba sebagai salah satu peninggalan sejarah kerajaan Bone yang sarat dengan nilai sejarah kehidupan masa lampau.

Penyebab kebakaran Bola Soba yang dalam penanganan pihak kepolisian terus melakukan penyelidikan oleh tim Inafis Polda Sulsel bekerjasama dengan Satreskrim Polres Bone, hal tersebut disampaikan Kapolres Bone AKBP Try Handako Wijaya Putra,S.IK saat bersama Bupati Dr.H.Andi Fahsar M. Padjalangi, M.Si. di lokasi kejadian. Sabtu (20/03/2021)

“Kejadian ini merupakan duka kita semua, khususnya masyarakat Bone dan keturunan darah Bone yang tinggal di luar wilayah Bone, karena Bola Soba merupakan kenangan peninggalan Raja Bone pada masa lampau. Oleh karena itu mari kita semua sabar menunggu hasil penyelidikan oleh Tim Inafis Kepolisian,” jelas Try Handako yang merupakan turunan darah Bone.

Rumah panggung tradisional ala masyarakat bugis Bone  dibangun pada tahun 1890 masa pemerintahan Raja Bone ke-30, La Pawawoi Karaeng Sigeri, sebagai tempat tinggal raja  yang berada di jantung kota Watampone, Provinsi Sulawesi Selatan kini tinggal puing setelah dilalap si jago merah sekitar pukul 03.30 wita. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan