oleh

Satpas SIM Polres Bone Komitmen Berikan Pelayanan Prima

-RAGAM-1,140 views

Fokusrakyat.Com, Bone – Satuan Penyelenggara Admistrasi (Satpas) SIM Satlantas Polres Bone terus berbenah diri, terutama dalam memberikan pelayanan yang prima dengan menempatkan petugas diloket – loket pelayanan yang sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.

Hal ini di lakukan agar dapat memberikan hasil yang terbaik kepada masyarakat pemohon SIM diwilayah hukum Polres Bone.

Disamping itu pula, guna mencegah adanya praktik pungutan liar (Pungli) dan calo, tempat pelayanan SIM dijaga Provos. “Layanan prima adalah prioritas utama kami,” ujar Kanit Regident Satlantas Polres Bone IPTU Muh Idris, Rabu (10/02/2021).

Lebih lanjut Idris menjelaskan, Unit Regident Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bone tidak sedikit pun mentolerir adanya Pungli dan Calo surat izin mengemudi. Pemberantasan ini sesuai komitmen menciptakan pelayanan prima dalam pengurusan SIM.

Perlu diketahui, salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki pengemudi kendaraan bermotor adalah Surat Izin Mengemudi atau disingkat SIM.

Surat Izin Mengemudi ini menjadi bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Kepolisian kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani.

Memahami peraturan lalu lintas, dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Sesuai dengan Pasal 77, ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dimana menyebutkan,

“Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan,” kata Idris.

Menindaklanjuti aturan tersebut, Satpas SIM Polres Bone terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang prima dalam pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Idris menjelaskan, jika ingin memiliki SIM, adapun mekanisme pengurusan SIM di kantor Satpas yakni pertama – tama mengambil nomor antrian lalu pengisian formulir, pendaftaran secara online, pengambilan foto, sidik jari, tanda tangan SIM kemudian wajib mengikuti serangkaian ujian teori dan praktik jika lulus selanjutnya pembayaran administrasi.

Kami berharap kedepannya lebih ditingkatkan lagi supaya masyarakat merasa puas dan terlayani dengan baik, Pungkasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan